20
Mar
09

 

POSITIF  vs  NEGATIF

 

Diaryku……

Lama juga tak berkeluh kesah di lembaranmu….

Bukannya aku tak rindu padamu, tapi semata karena aku sempat  tak moody untuk bercerita padamu.

Dalam seminggu ini aku dikelilingi rasa cemas dan panik, tuh semua karena aku lagi binnun mencari pengganti pengasuh anakku yang sabtu besok nih mo nikah. Ini aja aku tulisin kamu saat ku bersiap2 menghadiri pernikahannya besok.

Selain itu aku juga lagi panik mikirin sakit di kaki kiriku yang sempat protes lagi. Heran ma tuh kaki,  udah aku perlakukan sama dengan kaki kananku, eeh tetep aja masih minta perhatian lebih…tau  gak diary, aku sampe gak masuk 2 hari karena nih kaki….

 Hmmm, aku mengeluh terus ya diary….

Yah, mungkin seperti kamu, saat menghadapi suatu masalah dalam kehidupan kamu, jika kamu manusia, pasti  reaksi  pertama yang akan muncul  adalah MENGELUH!

“waduh gimana nich?” atau mungkin “kenapa seeh ini terjadi pada diriku?” dan seterusnya . Begitu banyak respon yang keluar dari mulut kita dalam bentuk ucapan yang berbentuk keluhan. 

Yaaaah, sebenarnya seh tak perlu risau, karena hal tersebut merupakan respon yang sangat manusiawi dan alami (katanya seh  he..he).  Manusia diciptakan Allah memang dengan dilengkapi sikap mengeluh.

“sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh” (QS Al-Ma’arij:19)

Tetapi setelah reaksi pertama tersebut, sesungguhnya kamu memiliki dua pilihan loh….

Pertama, bakal terus terusan mengeluh dan kesal pada kejadian yang tidak diharapkan tersebut, so kamu diam melulu dan malezz banged cari solusinya…

Kedua, sebaliknya dari yang pertama tadi, yaitu kamu coba pelajari kejadian tersebut dan coba ambil hikmah  dan ibrahnya sampa akhirnya kamu dapetin solusinya..

Yeeahh, dengan kata lain jika kamu ngambila sikap pertama. Berarti kamu  termasuk  komunitas pesimistis, dan jikalau kamu berada tepat dalam posisi  kedua, berati kamulah orang optimistis yang dicari he..he..(wanted kale,,,)

Eh iya, aku kasih bocoran dikit ya soal tipikal orang yang pesimis  dan optimis ini….                                                                           

Menurut  referensi  yang  pernah kubaca, ternyata ada tiga hal yang mendasar yang bedain reaksi antara orang-orang  optimis dan pesimis… gini nih, inget2 ya….

Pertama, orang optimis cenderung lihat dan mensikapi setiap kegagalan sebagai hal yang bersifat nisbi or sementara sifatnya, sementara orang pesimis cenderung lihat  kegagalan sebnagai hal yang permanen sifatnya alias untuk selamanya….(qo  mirip  lyrics lagunya fatur  yach?…)

Kedua, orang optimis lebih melihat masalah sebagai sesuatu yang sifatnya spesifik (melihat sesuatu sebagai hal terpisah dari bagian lainnya), sementara orang pesimis lebih ngeliat masalah sebagai sesuatu yang besar/umum (masalah yang dia hadapi itu pasti berkaitan dengan hal2 lainnya). Yeeaah…dengan kata lain mah, si orang pesimis mah lebih ribet dan rese dalam mensikapi satu masalah. Gitu  kali…

Ketiga, orang optimis cenderung melihat rintangan sebagai hal yang berasal dari lingkungan eksternal, sementara orang pesimis lebih menganggap rintangan sebagai sesuatu yang berasal dari personal/pribadi.

 

Hmmm…..cukup kalee  ya diary kita bahas  soal positive versus negative ini…..

Dan  aku balikin ke kamu deh diary, kamu mo jadi orang optimis or pesimis??

Yang jelas seeh karena aku mah manusia biasa, someday aku bakalan jadi orang optmis dan someday pula aku bias aja jadi orang pesimis…tergantung niat ma kemauan kita aja kale diary…

Hmmm….dah ngantuk ah diary, bobok dulu yach… bubbye……having nice dream for u, all…ciaooooo……

 

 

 


1 Response to “”


  1. 1 vians'z
    March 21, 2009 at 12:17 am

    tp hrus tegas loo…Allah cmn dua pilihan, ya dan tidak … jgn pilih “dan” ntar Allah bingung mo jawab apa? he…he….he…ngeluh sih manusiawi tp slalu mengeluh ni yg bikin Allah kesel juga….bye…


Leave a Reply

