04
Mar
09

JOKDJA, DEBAT, COCA COLA ZERRO DAN RAPAT…

diary, pa kabarnyah niiy…

duh maaf ya diary, lama juga tak kunjungin kamu

diary,

kamu taw gak seh kalo beberapa minggu nih aku sibuk bangets?

hari rabu ampe jum’at minggu lalu, aku bareng kedua temanku ke jokjakarta ikutan rapat sosialisasi peraturan pemerintah daerah tentang pinjaman daerah dan hibah daerah…di hotel Santika Premiere Jokjakarta…  

Pasti kamu tau kan diary apa seh pinjaman dan hibah daerah itu?    hmm…oke lah aku kasih bocoran dikit ya soal mereka….

PINJAMAN DAERAH dan HIBAH DAERAH tuh sama-sama sumber pembiayaan bagi daerah propinsi dan juga kabupaten or kota..

nah PINJAMAN DAERAH d an HIBAH DAERAH nih gak sembarangan bisa kita dapet loh, coz ada peraturan2 yang memagarinya. 

PINJAMAN DAERAH misalnya, itu ternyata dipagari oleh UU nomor 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan, UU nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, UU nomor 1 tahgun 2004 tentang perbendaharaan negara, PP nomor t54 tahun 2005 tentang pinjaman daerah, PP nomor 2 tahun 2008 tentang pengadaan PHLN serta penerusannya, ada juga PerMenkeu nomo5 53 tahun 2006 serta Permen Bappenas nomor 005 tahun 2006.

nah diary itu itu PINJAMAN DAERAH, lain halnya lagi dengan HIBAH DAERAH..

HIBAH DAERAH pada prosesnya juga dipagari oleh peraturan2 antara lain UU nomer 17 tahun 2003 tentang keuangan daerah, UU nomer 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan negara, UU nomer 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah, PP nomer 57 tahun 2005 tentang hibah pada daerah, PP nomer 2 tahun 2006 tentang tata cara pengadaan pinjaman dan atau penerimaan hibah serta penerusan pinjaman dan atau hibah luar negeri, Per Menkeu nomer 169 tahun 2008 tentang hibah daerah, dan terakhir Permenkeu nomer 169 tahun 2008 tentang tata cara penyaluran hibah kepada pemerintah daerah.

eh diary, itu kan baru peraturan2 yang melingkupi keduanya loh. hal sesungguhnya adalah kita juga kudu faham apa esensi dari keduanya..makanya dari itu, nih aku bocorin dikit soal pegertian keduanya yah..

PINJAMAN DAERAH adalah semua transaksi yang mengakibatkan daerah menerima sejumlah uang atau menerima manfaat yang bernilai uang dari pihak lain sehingga daerah tersebut dibebani kewajiban untuk membayar kembali..

Pinjaman Daerah ini ada tiga jenis loh..

pertama, pinjaman jangka pendek atau kurang dari atau sama dengan satu tahun. Kegunaannya adalah untuk menutup kekurangan arus kas pada tahun anggaran yang bersangkutan.

kedua, pinjaman jangka menengah, atau tidak melebihi sisa masa jabatan kepala daerah. Kegunaannya untuk membiayai penyediaan layanan umum yang tidak menghasilkan penerimaan.

ketiga, pinjaman jangka panjang atau lebih dari satu tahun. Kegunaannya adalah untuk proyek investasi yang menghasilkan penerimaan.

nah itu PINJAMAN DAERAH….

kalo HIBAH DAERAH diartikan sebagai penerimaan daerah yang berasal dari pemerintah negara asing, badan/lembaga asing, badan/lembaga internasional, pemerintah dalam negeri atau perorangan. baik dalam bentuk devisa, rupiah maupun barang dan atau jasa termasuk tenaga ahli dan pelatihan yang tidak perlu dibayar kembali.

waduuuuh diary, kalo cerita soal pinjaman dan hibah daerah mulu gak seru kalii yaah? yah,alo kamu pingin tau detail soal keduanya baca peraturan2nya, key!

hmmm….ndjokja sudah berlalu minggu lalu…..walopun capek seru juga seh, coz pake acara jalan2 juga, hunting batik murah dan hunting makanan juga, pokoknya seruuuuu abis…..

minggu ini….(2 maret to next…..)

caammma cibbuk juga neh diary…

senin maren kita ke BPS neeh, persiapan bikin Kota dalam Angka 2008, hmmm…ketemu sama kepalanya yang baru, seorang wanita yang cukup pintar dan elegant (gw banget gak seh he..he)?

diskusi beberapa hal bertautan dengan penyusunan Kota Dalam Angka, juga beberapa obrolan menarik dan ilmiah lainnya, pokonya sedikit membawa pencerahan dam berpikir lah…

trus hari selasanya ada rapat juga di Setda, ntu tuh persiapan penilaian tahap kedua untuk ikut lomba Adipura Kota.

suerr!! nih rapat paling menjemukan loh, soalnya ngantuks dan gak emnarik bangets!!!

hari ini rabu, 4 maret 2009…

gak ada rapat seh, cuman ada sedikit debat soal penyusunan renja dengan  sang sekretaris.  sedikit panjang dan alot, toh akhirnya debat tak akan berakhir kalo tak ada yg sedikit mengalah. ya untuk kebaikan, tak apalah aku ngalah dikit, selama tak terlalu prinsip dan masih bisa bernegosiasi dengan aturan yang ada…bisnyah, galak2  juga  sang sekretaris tuh  senior aku di kampus he..he.. hmmm, sebenarnya dia tuh baek banget orangnya, tapi kalo udh ‘gw’nya keluar, ihhhh nyebelin juga kadang2..(sssttt….jangan bilang2 dia ya diary, plissss!)

eeh iya, mulai hari selasa ampe hari ini aku shaum diary, abisnya utang aku kan ramadhan lalu sebulan penuh. do’ain biar tamat ya, coz baru nyampe 4 hari nih diary…. nah, pas lagi panteng2nya aus nih tenggorokan, eh si kapten tuh nawarin coca cola zerro! ampir aju tuh kusambar softdrink, awas loe ya Kapten jelekk!!….

beberapa hari lalu, aku kan udh bilang ke kamu diary, kalo kerjaanku tuh sekarang rapat..rapat…dan rapat!

nah, besok sampe jum’at pun sama neh diary. aku kudu berangkat ke garut deh ikutan rakor musrenbang prop di bakorwil garut. gak sendiri seeh, barengan ma 6 orang temenku…

insya Allah berangkat besok pagi, katanya seh nginep di Sabda Alam Resort (duuuuh, mudah2an ja enak ya resortnya!)..

dah dulu ya diary, pegel nih jarinya mnecetin keyboard molo…do’ain aku ya diary…..ciaaaaaaoooo


1 Response to “JOKDJA, DEBAT, COCA COLA ZERRO DAN RAPAT…”


  1. 1 vians'z
    March 18, 2009 at 2:49 pm

    hmm…. jd pengen pinjem nih??…. tp gk ush bayar, gmn? .. he….
    Tp kadang aq berpikir knp program pemerintah bgus2 tp setelah pelaksanaan riel dilapangan kok amburadul palagi masalah uang hbs deh… kepotong – potong kayak sumbangan aja…hhh…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: